Cara Menyembunyikan Foto di Galeri

Kebanyakan smartphone memiliki aplikasi Galeri untuk menyimpan dan mengatur foto-foto pengguna. Ketika Anda ingin melihat foto-foto yang telah Anda tangkap atau unduh, Anda dapat menggunakan aplikasi Galeri untuk melihat, mengedit, dan berbagi foto. Namun, ada kalanya kita butuh menyembunyikan foto tertentu, agar tidak dilihat orang lain. Berikut cara menyembunyikan foto di Galeri.

Cara Menyembunyikan Foto di Galeri Android

Untuk menyembunyikan foto di Galeri Android, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi file manager. Ada banyak aplikasi file manager di Play Store, seperti ES File Explorer, X-plore File Manager, dan Astro File Manager. Setelah Anda mengunduh aplikasi tersebut, buka aplikasi file manager dan cari folder “DCIM”. Folder ini berisi gambar yang diambil dengan kamera Anda. Pilih gambar yang ingin Anda sembunyikan, lalu buat folder baru di folder DCIM. Pindahkan foto yang ingin disembunyikan kedalam folder tersebut. Setelah itu, beri nama folder dengan awalan “.” (titik). Misalnya, “.FolderFoto”. Folder yang diberi awalan titik akan disembunyikan dari aplikasi Galeri.

Cara Menyembunyikan Foto di Galeri iOS

Untuk pengguna iOS, Anda dapat menyembunyikan foto-foto yang ada di aplikasi Galeri. Pertama buka aplikasi Foto, lalu pilih foto yang ingin Anda sembunyikan. Setelah itu, tekan tombol bagian atas layar yang bertuliskan “Unhide”. Tombol ini berfungsi untuk menyembunyikan foto dari layar. Setelah itu, tekan nama album yang berada di bagian bawah layar. Akan muncul sebuah menu, pilih “Hide”. Dengan cara ini, foto yang dipilih akan disembunyikan dari aplikasi Galeri. Untuk melihat foto yang telah disembunyikan, Anda dapat masuk ke bagian “Album” di aplikasi Foto. Pilih album “Hidden”, maka foto-foto yang tadi Anda sembunyikan akan muncul.

Cara Menyembunyikan Foto di Kamera Roll Android dan iOS

Selain menyembunyikan foto di aplikasi Galeri, Anda juga bisa melakukannya di Kamera Roll. Di Android, Anda dapat menggunakan aplikasi File Manager yang telah Anda unduh sebelumnya. Buka aplikasi File Manager, lalu cari folder “DCIM”. Pilih foto yang ingin Anda sembunyikan, lalu buat folder baru. Beri nama folder dengan awalan “.” (titik). Setelah itu, pindahkan foto tersebut kedalam folder tersebut. Folder dengan awalan titik akan disembunyikan dari Kamera Roll. Di iOS, Anda dapat menggunakan aplikasi Foto untuk menyembunyikan foto di Kamera Roll. Caranya sama dengan menyembunyikan foto di Galeri, cukup tekan tombol “Unhide” dan pilih “Hide”. Foto yang dipilih akan tersembunyi di album “Hidden”.

Cara Menyembunyikan Foto di Aplikasi Foto Google

Untuk menyembunyikan foto di Aplikasi Foto Google, Anda dapat menggunakan fitur Archive. Fitur Archive berfungsi untuk menyembunyikan foto dari aplikasi Foto Google tanpa menghapusnya. Untuk menggunakannya, buka aplikasi Foto Google, lalu pilih foto yang ingin Anda sembunyikan. Setelah itu, tekan tombol “Menu” di bagian bawah layar. Di menu yang muncul, pilih “Archive”. Foto yang dipilih akan tersembunyi di album “Archive”.

Cara Menyembunyikan Folder di Galeri Android

Untuk menyembunyikan folder di Galeri Android, Anda bisa menggunakan aplikasi file manager. Buka aplikasi file manager dan cari folder yang ingin Anda sembunyikan. Setelah itu, beri nama folder dengan awalan “.” (titik). Misalnya “.FolderFoto”. Folder dengan awalan titik akan disembunyikan dari aplikasi Galeri. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti File Hide Expert atau Hide Pictures & Videos. Aplikasi ini berguna untuk menyembunyikan folder dan file dari aplikasi Galeri.

Kesimpulan

Dengan menggunakan cara di atas, Anda dapat meny

Cara Menyembunyikan Foto di Galeri